System

Langkah-Langkah Menjadi YouTuber Untuk Pemula Agar Menghasilkan Uang

CodingAsik CodingAsik 4 min read

Menjadi YouTuber menjadi profesi yang banyak diidamkan akhir-akhir ini. Banyak YouTuber yang berhasil mendulang kesuksesan dari content-content yang mereka buat. Sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Deddy Corbizier, Jess No Limit, dan masih banyak lainnya.

Menjadi YouTuber menjanjikan penghasilan yang fantastis, apabila kamu dapat menciptakan content yang menarik dan disukai oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang menonton content YouTubemu, maka penghasilan yang kamu dapatkan semakin banyak. Penghasilan tersebut bisa didapatkan dari AdSense, Edorsement, kerjasama, dan sebagainya.


Kamu ingin memulai karirmu sebagai YouTuber pemula? Simak tips dari kami agar Content You Tube kamu bisa menghasilkan uang.

Tentukan Bakat Dan Minat Yang Ingin Ditampilkan

• Tentukan Target Penonton Channel YouTubemu

• Buat Ide Content Yang Menarik

• Tunjukkan Keunikan Yang Kamu Miliki

• Siapkan Device dan perlengkapan yang memadai

• Eksekusi Content YouTube

• Promosikan dan Manage Channel YouTube

• Terapkan Strategi SEO Untuk YouTube

• Buat Jadwal Rutin Post YouTube

• Rajin Update Trend Terbaru

Cara Menjadi YouTuber Pemula:

Ingin menjadi YouTuber yang dapat menghasilkan uang dari contentmu? Kamu bisa ikuti cara di bawah ini untuk memulainya.

Sumber Foto: Google

1. Tentukan Bakat Dan Minat Yang Ingin Ditampilkan

Sebelum memulai langkahmu menjadi seorang YouTuber, kamu harus tau apa dari diri kamu yang ingin ditampilkan. Akan lebih baik jika kamu memiliki bakat, keahlian, atau ilmu yang spesifik agar tema content yang kamu sajikan lebih fokus.


2. Tentukan Target Penonton Channel YouTubemu

Setelah kamu mengetahui hal yang ingin kamu tampilkan, saatnya kamu menargetkan penonton channel YouTube kamu. Sesuaikan niche audiens dengan kategori content yang akan kamu buat agar semakin banyak yang menonton.


3. Buat Ide Content Yang Menarik

Tak dipungkiri jika kualitas content yang kamu buat akan sangat berpengaruh bagi angka penonton dan subscriber channel YouTubemu. Buatlah topik dan tema yang banyak diminati oleh audiens.


4. Tunjukkan Keunikan Yang Kamu Miliki

Keunikan yang kamu miliki akan menjadi ciri khas yang mengingatkan penonton akan channel YouTubemu. Dengan memiliki keunikan tersendiri, maka audiens akan dapat membedakan akunmu dengan akun YouTuber yang lain.


5. Siapkan Device dan perlengkapan yang memadai

Untuk menghasilkan kualitas gambar dan video yang baik, maka kamu membutuhkan device dan perlengkapan yang memadai. Apalagi jika content yang kamu buat membutuhkan detail khusus pada gambar dan suara. Kamu bisa saja menggunakan device minimal seperti handphone, namun kamu harus menggunakan handphone dengan spesifikasi tinggi agar gambar yang dihasilkan sesuai dengan standar.


6. Eksekusi Content YouTube

Setelah semua persiapan telah dilakukan, saatnya kamu eksekusi content. Lakukan proses pengambilan gambar hingga editing dengan teliti agar output yang dihasilkan tidak mengecewakan. Kamu bisa membentuk sebuah tim atau bekerja secara individu. Semua disesuaikan dengan kebutuhan content kamu.


7. Promosikan dan Manage Channel YouTube

Upload content yang sudah kamu buat dan kelola Channel YouTube kamu agar semakin tinggi engangement yang didapatkan. Jangan lupa untuk mempromosikan Channel kamu di media sosial agar semakin menjangkau audiens lebih luas.


8. Terapkan Strategi SEO Untuk YouTube

Sama seperti media sosial dan website, kamu juga perlu menerapkan strategi SEO untuk semakin memaksimalkan YouTube kamu. Dengan menerapkan strategi SEO, penonton akan semakin mudah menemukan content dan channelmu di pencarian.


9. Buat Jadwal Rutin Post YouTube

Kunci dari suksesnya sebuah akun media sosial adalah konsistensi dan strategi yang tepat dalam mengelolanya. Untuk itu, wajib hukumnya bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber untuk update post terbaru secara rutin.


10. Rajin Update Trend Terbaru

Menjadi content creator harus selalu up-to-date terhadap trend media sosial terbaru. Trend yang berlangsung di media sosial bergeser sangat cepat. Jika kamu tidak up-to-date kamu akan kehilangan moment yang bisa meningkatkan performa akun YouTube kamu.

Sumber Foto: Google

Cara Cuan dari YouTube

Setelah kamu mengetahui caranya memulai langkah menjadi YouTuber pemula dan melakukannya, kini saatnya kamu melakukan langkah-langkah agar content YouTube yang kamu buat dapat menghasilkan cuan.


Ini dia beberapa cara untuk monetisasi content kamu. Monetisasi adalah langkah untuk mendapatkan penghasilan atau pemasukan dari video yang kamu unggah dan bagikan di YouTube. Simak baik-baik tips berikut ini.

Sumber Foto: Google

Hubungkan Akun YouTube dengan Google AdSense

Cara pertama dan paling umum yang dilakukan untuk monetisasi akun YouTube kamu adalah menghubungkan akun dengan Google AdSense. Kamu akan dibayar untuk tiap-tiap penonton atau klik iklan yang ditampilkan di video YouTube kamu.

Ingat, yang dibayar adalah jumlah penonton dan klik pada iklan, bukan penonton pada video contentmu. Hal ini dikarenakan tidak semua orang yang menonton content video YouTube dikenakan iklan.


Kerjasama Bersponsor dengan Brand

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama bersponsor dengan brand yang sesuai dengan penonton channel YouTube kamu. Dalam kerjasama ini, biasanya kamu akan diminta untuk mempromosikan atau menampilkan produk dari brand tersebut di content yang kamu buat.

Namun, cara ini kamu lakukan apabila akun YouTube kamu telah berjalan dan telah memiliki subscriber dalam jumlah minimal tertentu. Jadi, rajin-rajinlah mengunggah content YouTube kamu agar memperoleh banyak subscriber.


Live Streaming

Saat ini YouTube dapat melakukan live streaming seperti media sosial lainnya. Ketika melakukan live streaming, ada fitur superchat yang bisa digunakan untuk menerima hadiah dari penonton dan dapat dimonetisasi.


Kamu juga dapat bekerjasama dengan agensi atau brand lain untuk melakukan live streaming dan dibayar untuk ini. Tertarik mencoba?

CodingAsik
CodingAsik Media Informasi Layanan Pembahasan Seputar Tips, Tutorial & Edukasi bagi Pemuda - Pemudi Indonesia, Layanan Aktual Trending Topik yang menginspirasi bagi kaum Milenial
Komentar
Label