System

Cara Mengajarkan Didikan Anak dengan Baik Sesuai Ajaran Rasul

CodingAsik CodingAsik 3 min read

Didikan anak yang baik sesuai ajaran Rasul adalah salah satu cara mendidik Anak yang sangat direkomendasikan, terutama jika Anda beragama muslim. Tidak hanya secara islami, bahkan cara ini juga bisa diterapkan pada keluarga manapun, mengingat cara yang dilakukan cukup baik. 


Meski saat ini sudah banyak yang melakukan parenting secara modern, tidak ada salahnya jika Anda juga memasukkan beberapa cara ini. Meski Rasulullah SAW sendiri tidak menganjurkan para umatnya untuk melaksanakan arahan ini, tapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya di rumah. 

Foto dikutip dari Google 

Bagaimanakah Didikan Anak dengan Baik Sesuai Ajaran Rasul?

Berdasarkan beberapa cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW., Anda bisa menggunakannya sebagai gaya parenting atau sebagai pendamping parenting modern yang Anda jalani. 


1. Kenalkan pada agama

Sebagai umat yang beragama, tentu salah satu hal yang penting dalam menjalani hidup Anda adalah agama. Akan sangat baik jika Anda mampu memberikan penjelasan kepada anak mengenai agama sedini mungkin. Hal ini bisa Anda lakukan sejak anak Anda masih berupa janin.


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan agama pada janin di perut Anda. Bisa dengan mendengarkan bacaan alquran atau Anda bisa membaca alquran, mendengarkan beberapa ceramah ustad dan masih banyak lagi.


Jika cara ini Anda lakukan dengan rajin selama periode kehamilan, maka anak akan tumbuh dan berkembang dan memahami agama dengan baik.


2. Ajarkan rasa tanggung jawab dan Amanah

Ada beberapa hal lain yang berkaitan dengan sikap yang harus Anda ajarkan sedari dini. Salah satunya adalah rasa tanggung jawab dan Amanah. Karena timbulnya beberapa rasa ini pada anak-anak juga diiringi dengan Pendidikan dari rumah.


Anda harus mengajarkan sekaligus memberikan contoh bagaimana perilaku tersebut dilakukan. Jika Anda melakukannya, maka anak kecil akan mudah mengerti dan melakukannya mulai dari beberapa hal kecil di rumah. 


3. Ajarkan memilih teman

Sebagai makhluk sosial, memang tidak mungkin manusia bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain, atau bersosialisasi dengan orang lain. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan dengan asal. Anda harus memilah dan memilih siapakah orang tersebut. Begitu juga dengan pertemanan, saat anak sudah mulai mengerti tentang teman, Anda harus mengajarkan bahwa memilih teman itu perlu.


Anda harus menjelaskan atau menunjukkan kepada anak seperti apakah teman yang baik dan seperti apakah teman yang buruk. Dengan begitu anak akan mengetahui teman mana saja yang bisa dijadikan teman baik. Tidak hanya sekedar membuat anak Anda bersikap baik, Anda juga akan memastikan bahwa Anda terhindar dari perilaku tidak baik seperti bullying. 

Foto dikutip dari Google 

4. Berikan cinta kasih

Cinta kasih, adalah salah satu rasa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, rasa dan sikap ini harus Anda ajarkan kepada anak sejak dini. Ajarkan anak bagaimana harus bersikap dengan kasih sayang.


Seperti tidak menyalahkan jika anak laki-laki menangis dan masih banyak lagi lainnya. Anda tidak hanya mengajarkan, tapi juga harus menunjukkannya kepada anak seperti bagaimana Anda menyayangi anak Anda dengan pola asuh yang baik. 


5. Jadilah contoh

Yang terakhir adalah menjadi contoh bagi anak Anda. Hal ini yang justru sulit untuk dilakukan, karena biasanya sebagai orang tua, tentu kita memiliki ego tersendiri yang sulit untuk dijalani.


Apalagi anak merupakan peniru paling baik atas apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya. Dengan memberikan contoh bagaimana harus bersikap dan tidak melakukan tindakan yang buruk, maka anak Anda tentu akan melakukan perilaku baik.  


Didikan anak yang baik sesuai ajaran Rasul memang tidak mudah untuk dilakukan. Terkadang sebagai orang tua masih banyak perilaku buruk yang dilakukan. Namun, tetap mencoba dan melakukannya satu persatu jauh lebih baik dan akan memberikan pola asuh yang teladan.

CodingAsik
CodingAsik Media Informasi Layanan Pembahasan Seputar Tips, Tutorial & Edukasi bagi Pemuda - Pemudi Indonesia, Layanan Aktual Trending Topik yang menginspirasi bagi kaum Milenial
Komentar
Label