System

Tutorial Lengkap Membuat Aplikasi Onlineshop & PPOB Dengan Mudah

CodingAsik CodingAsik 5 min read
Berjualan lewat online tidak hanya bisa dilakukan melalui media sosial, e-commerce, dan marketplace saja. Selain ketiga tempat tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi onlineshop yang kamu buat sendiri.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat turut menghadirkan inovasi di segala bidang. Tak terkecuali bagi pebisnis yang berjualan melalui daring atau online. Pebisnis ini biasanya kita sebut dengan online business owner atau pemilik bisnis online (online shop)


Eksistensi online shop juga sudah sangat terasa di tengah-tengah masyarakat. Tak hanya kalangan muda, para orang tua dan anak-anak pun sudah tak asing dengan keberadaan onlineshop. Bahkan, online shop disebut-sebut menggantikan toko offline (fisik)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa sebanyak 88,1 persen masyarakat Indonesia pernah merasakan pengalaman belanja online. Angka tersebut didapatkan dari survey We Are Social pada April 2021

Jika kamu tertarik dengan bisnis daring atau onlineshop ini, kamu bisa memulai untuk berjualan di aplikasi onlineshop buatanmu sendiri. Mau tau caranya? Berikut kami berikan tutorial lengkap membuat aplikasi onlineshop & PPOB dengan mudah di bawah ini.

1. Cara Membuat Toko Online Sendiri

Ada banyak cara berjualan online dengan mudah. Kamu bisa menggunakan website, e-commerce, media sosial maupun membuat aplikasi onlineshop sendiri. Membuat aplikasi onlineshop sendiri sangat mudah dan cepat.

Perkembangan teknologi turut andil dalam memudahkan orang-orang dalam berinovasi dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini mendorong para ahlinya untuk menciptakan bisnis yang unik dan inovatif. Biasanya mereka menyebut perusahaannya dengan perusahaan rintisan (start-up)

Sumber Foto: Google.com

Aplikasi online shop termasuk dalam kategori SaaS (Software-as-a-Service). Aplikasi online shop ini juga sama hal nya dengan aplikasi PPOB (Payment Point Online Banking). PPOB adalah mekanisme pembayaran yang terkoneksi dengan tagihan pembayaran dari perbankan yang terupdate secara realtime.

Sebelum kamu menyimak tutorial membuat aplikasi online shop dan PPOB, inilah hal-hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Apa saja?

Tentukan Tujuan Menciptakan Aplikasi 

Sebelum kamu memutuskan untuk menciptakan aplikasi onlineshop dan PPOB, kamu harus mengetahui tujuan awalmu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan langkah-langkah strategis.

Kamu bisa memulai dengan menentukan tujuan dan aplikasi apa yang akan kamu buat. Untuk siapa aplikasi ini dibuat? Dan mengapa aplikasi ini dibuat sendiri?

Jika kamu sudah menemukan jawaban dan tujuanmu menciptakan aplikasi sendiri, kamu bisa memulai untuk merangkai langkah-langkah eksekusinya.

Membuat Konsep Aplikasi

Setelah kamu menentukan kerangka dan langkah-langkah eksekusi, kini saatnya kamu take action. Buatlah konsep seperti apa aplikasi yang akan kamu buat.

Konsep ini bisa berupa desain awal antarmuka. Untuk langkah ini, kamu bisa menggunakan konsep kasar untuk menyimpan kerangka ide pokok. Mulailah untuk menentukan posisi fitur-fitur aplikasimu, isi konten, desain, warna, dan sebagainya.

Gunakan desain yang simple untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan aplikasi onlineshop dan PPOB buatanmu dan meringankan kinerja perangkat.

Menambahkan Elemen

Tak kalah penting dari desain, kamu juga harus menambahkan elemen-elemen aplikasimu untuk memudahkan pengguna. Misalnya, kamu bisa menambahkan fitur live chat, deskripsi produk, navigasi, pembayaran, dan sebagainya.

Untuk element ini bisa kamu buat lebih simple agar mudah ditemukan dan digunakan oleh pengguna. Pilih warna dan simbol yang tidak membingungkan. 

Pengembangan Aplikasi

Tahap ini merupakan tahap yang cukup rumit. Kamu bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara coding atau sistem programming . Cara kedua kamu bisa menggunakan tools atau platform pembuat aplikasi yang banyak tersedia.

Kelebihan membuat aplikasimu sendiri adalah kamu bebas dalam membangun, menentukan revisi, membuat desain, dan menentukan fitur-fiturnya. Namun, kamu juga harus dapat memastikan sendiri jika itu semua dapat berjalan lancar dan maksimal.

Pengujian Aplikasi

Inilah tahap yang menentukan hasil dari pengembangan aplikasi. Sebelum kamu merilis, kamu wajib untuk menguji apakah aplikasi onlineshop yang kamu ciptakan sudah dapat berjalan dengan baik atau masih banyak bug yang harus diperbaiki.

Lakukan tes pengujian berkali-kali agar kamu bisa memastikan aplikasi yang kamu buat tidak memiliki bug. Jika kamu sudah yakin, maka kamu bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Peluncuran Aplikasi

Jika kamu sudah selesai dengan tahap pengujian dan puas dengan hasilnya, maka saatnya kamu untuk melangkah ke tahap peluncuran aplikasi.

Kamu bisa merilis aplikasimu di Appstore, Playstore, maupun situs web lain yang menyediakan aplikasi. 

Promosikan Aplikasi

Kamu harus mempromosikan aplikasi buatanmu ke orang-orang agar semakin dikenal lebih luas. Kamu bisa menggunakan berbagai media promosi seperti media sosial, memasang iklan, ataupun menyebarkan melalui acara-acara tertentu.

Pemeliharaan Aplikasi

Tahap peluncuran bukanlah akhir dari proses menciptakan aplikasi. Kamu masih harus melakukan pemeliharaan aplikasimu layaknya produk yang lain.

Kamu harus selalu memantau agar aplikasimu tetap berjalan dengan baik. Kamu juga harus memperbaiki bug yang mungkin “lolos” pada tahap pengujian. Ada kalanya juga kamu harus mengupdate aplikasi kamu ke versi terbaru. 

***Cara Membuat Aplikasi Online Shop Tanpa Coding***

Saat ini, membuat aplikasi online shop sendiri dapat dilakuan dengan lebih mudah bahkan tanpa harus menguasai coding. Ada banyak platform dan tools yang tersedia untuk membuat aplikasi dengan simple.

Berikut ini beberapa contoh platform atau tools pembuat aplikasi yang dapat kamu temui di internet. Tertarik untuk mencoba?

[ BukaOlshop ]

BukaOlshop adalah perangkat generator untuk membuat aplikasi onlineshop di Android. Jika kamu menggunakan bukaOlshop, kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Nantinya file yang dihasilkan akan berbentuk apk dan dapat diunggah ke playstore atau dengan penginstalan mandiri. Kamu juga dapat mengelola toko online kamu dengan aplikasi bukaOlshop. Caranya, adalah sebagai berikut:

Download bukaOlshop di Google Playstore

Daftar dengan akun Google, atau login jika sudah memiliki akun

Masukkan produk yang kamu jual, kamu juga bisa menjelajah fitur-fitur bukaOlshop

Tekan “buat file APK

Upload APK ke Playstore atau kamu juga bisa menyebarkan sendiri ke teman-teman atau calon user dan menginstall secara mandiri.

[ Appery.io ]

Platform selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding adalah Appery.io. Platform ini merupakan yang pertama kali menawarkan tools membuat aplikasi untuk pemula tanpa coding.

Selain aplikasi Android, Appery juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi hybrid, web apps, dan Progressive Web Aррѕ (PWA). Caranya adalah:

Masuk ke website appery.io

Pillih template yang sudah tersedia di platform

Desain tampilan aplikasi dengan drag and drop

Hubungkan database dan service aplikasi

Jika sudah, kamu bisa preview terlebih dahulu aplikasi yang kamu buat

Langkah terakhir build mobile арр аnd dерlоу wеb apps.

[ Jagel.id ]

Untuk kamu yang terkendala bahasa asing, Jagel.id bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat aplikasi tanpa coding, tanpa server, dan cepat. Jagel merupakan aplikasi buatan Indonesia yang diciptakan untuk membuat aplikasi Android.

Tak hanya aplikasi onlineshop, kamu juga bisa membuat berbagai aplikasi lain seperti aplikasi PPOB, transportasi online, jasa reservasi, dan sebagainya. Jagel menyediakan paket gratis dan berbayar yang disesuaikan dengan fitur-fitur yang disediakan. Bagaimana cara menggunakan Jagel?

Download Jagel di Playstore

Daftarkan diri dan mulai buat aplikasi

Pilih template yang dapat dikostumisasi gratis

Jika sudah selesai mengedit, tinggal klik jadikan APK

Setelah mendapatkan notifikasi, kamu sudah dapat menginstall aplikasi buatanmu

Upload aplikasi ke playstore.

Itulah cara membuat aplikasi onlineshop dan PPOB dengan mudah. Kamu bisa memilih dengan coding ataupun tanpa coding sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa ikuti panduan yang sudah kami buat. Selamat mencoba!
CodingAsik
CodingAsik Media Informasi Layanan Pembahasan Seputar Tips, Tutorial & Edukasi bagi Pemuda - Pemudi Indonesia, Layanan Aktual Trending Topik yang menginspirasi bagi kaum Milenial
Komentar
Label