System

Cara Membangun Rumah dengan Budget Minim, Tapi Nyaman!

CodingAsik CodingAsik 3 min read 1 komentar

Membangun rumah dengan budget minim memang menjadi impian bagi banyak orang. Namun, budget minim yang dimaksud untuk membuat sebuah rumah, bukanlah budget yang ramah dikantong. Setidaknya Anda harus menyediakan paling sedikit puluhan hingga ratusan juta.


Apalagi saat ini, sudah banyak berkembang gaya arsitektur bangunan rumah tinggal yang bisa diterapkan agar budget yang diterapkan tidak membengkak dan sesuai dengan anggaran yang ditentukan. Tidak hanya itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi iklim dan bangunan pasca pembangunan selesai. 

Gambar dikutip dari Google 

Bagaimana Membangun Rumah dengan Budget Minim?

Membangun rumah dengan budget minim tidak selalu soal desain yang harus seminimalis mungkin, berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan!


1. Gunakan Design Rumah yang Simpel

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa desain yang simple atau tidak menggunakan banyak perubahan bentuk jauh lebih sedikit dalam menggunakan budget. Kebanyakan orang akan berfikir bahwa dengan memiliki rumah satu lantai dengan banyak ruang jauh lebih terjangkau.


Namun, bisa jadi akan jauh lebih terjangkau jika Anda menggunakan desain rumah 2 lantai untuk menyiasati banyaknya ruang yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis desain rumah yang bisa Anda gunakan. Seperti rumah mikro, desain rumah ini jauh lebih sederhana dan didominasi tidak lebih dari material untuk rumah biasa.


Tidak hanya dari segi desain badan bangunan, bagian atap juga mampu menghabiskan banyak uang. Oleh karena itu, memilih jenis atap yang sederhana akan sangat membantu Anda untuk membangun rumah dengan budget minim. 


2. Pilih Material Bahan Bangunan dengan Bijak

Bagian kedua yang akan menjadi penentu apakah Anda membangun rumah dengan budget minim atau tidak adalah material. Material bahan bangunan merupakan pilihan yang krusial. Tidak hanya menentukan sejauh mana Anda mengeluarkan budget, tapi juga membantu Anda menghemat di masa mendatang pasca pembangunan.


Ada beberapa bahan material yang bisa Anda gunakan dan pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa bahan ini sudah tentu memiliki harga yang sedikit ramah dikantong juga tahan lama.


 [ Bahan Reklamasi ]


Mungkin tidak banyak dari Anda yang tahu bahwa sudah banyak saat ini desain rumah menggunakan bahan bangunan bekas rumah yang masih bisa digunakan. Tentu saja itu tidak dilihat dari segi menghemat, tapi juga kualitas bahan yang didapatkan. Mulai dari pintu bekas, hingga beberapa material bekas yang memiliki kualitas bagus, saat ini sudah banyak yang menjualnya. Tidak hanya sekedar menghemat, Anda juga bisa membuat rumah Anda terlihat aesthetic dengan sentuhan bahan reklamasi yang sesuai.


[ Panel Rumah Fabrikasi ]


Saat ini sudah banyak juga pabrik yang memproduksi panel rumah fabrikasi yang siap pakai. Mungkin terdengar tidak mungkin, tapi dengan menggunakan panel ini Anda akan menghemat biaya untuk pembuatan dinding dan lantai.


Tidak hanya membuat Anda berhemat, menggunakan panel rumah fabrikasi juga akan membuat Anda menghemat waktu saat membuat rumah.


Kontainer ]


Selain, beberapa bahan di atas, ada juga material rumah yang bisa dikatakan sangat ergonomis. Untuk bahan utama rumah, Anda hanya memerlukan container pengiriman. Jadi Anda hanya akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan finishing agar rumah container sesuai dengan budget Anda dan kenyamanan Anda. 

Gambar dikutip dari Google 

3. Sewa Tukang yang Berpengalaman

Tidak hanya dilihat dari segi desain dan bahan material, memilih tukang yang memiliki pengalaman lebih juga suatu keharusan. Anda bisa mencari beberapa developer rumah yang memiliki tukang dengan kualifikasi tertentu.


Tidak hanya mampu membangun rumah sesuai dengan arahan dan desain yang Anda inginkan, memilih tukang yang berpengalaman juga membantu Anda untuk berbelanja. Memilih dimana Anda berbelanja material bangunan juga menjadi salah satu kunci membangun rumah dengan budget minim. 


4. Tetapkan Anggaran untuk Semua Pengerjaan

Mungkin, jika Anda menggunakan jasa developer atau kontraktor untuk membangun rumah. Namun, jangan sepenuhnya menyerahkan perhitungan budget kepada mereka hingga akhir.


Alih-alih terkejut dengan budget yang ternyata diluar kendali Anda, ada baiknya Anda melakukan perhitungan sejak awal. Anda bisa mulai menghitung mulai dari jasa tukang yang mengerjakan rumah, jasa kontraktor hingga bahan material yang digunakan. 


Membangun rumah dengan budget minim tidaklah sulit, jika Anda benar-benar memilih dan memperhitungkannya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. 

CodingAsik
CodingAsik Media Informasi Layanan Pembahasan Seputar Tips, Tutorial & Edukasi bagi Pemuda - Pemudi Indonesia, Layanan Aktual Trending Topik yang menginspirasi bagi kaum Milenial
1 komentar
Label