Mengenal Fungsi Mode Warna CMYK


CMYK merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan ynag umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna.

Hal ini berarti dalam memproduksi gambar agar mendapatkan warna yang diinginkan memerlukan empat campuran warna seperti yang di atas. Hasil dari keempat warna tersebut disebut tinta warna atau warna proses. Tinta proses merupakan tinta yang dipergunakan untuk memproduksi warna dengan proses tekhnik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan tinta warna yang pada umumnya, tinta proses harus memenuhi standar tertentu yang spesifik dan memenuhi nilai warna opacity atau transparency cahaya.

Fungsi Mode Warna CMYK

Mode warna CMYK dan RGB merupakan dua komponen penting dalam teori warna. Dua komponen ini menjadi dasar dalam membentuk warna-warna baru, seperti oranye, jingga, ungu dan lain sebagainya. Mode warna CMYK memiliki fungsi warna tersendiri, yaitu menggunakan desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak. Lantas, jika warna CMYK dicampur senua menjadi satu, maka warna yang diciptakan adalah hitam. Kesimpulannya adalah apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal ketika mencetak suatu warna. Maka mode warna ynag du=ibutuhkan adalah CMYK.

Perbedaan Mode Warna CMYK dan RGB

CMYK dan RGB adalah dua komponen penting dalam mode warna. Kedua komponen tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah perbedaannya.

1. Mode Warna CMYK

Warna CMYK adalah kependekatan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Mode warna CMYK lebih sering digunakan untuk mendesain sesuatu yang nantinya ditampikan ke media cetak. Jika warna CMYK dicampurkan menjadi satu maka akan menghasilkan warna hitam.

2. Mode Warna RGB

Warna RGB adalah kependekan dari Red, Green dan Blue. RGB lebih sering digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media layar monitor, seperti televise, computer dan lainnya.

Apabila warna RGB dicampur menjadi satu maka warna ynag dihasilkan adalah putih.

Komentar

Lebih baru Lebih lama