5 Tempat Makan Gudeg Jogja yang Paling Direkomendasikan

Minggu, September 27, 2020 | , | Berkomentar
Bagi Anda pecinta kuliner Indonesia pasti pernah mengetahui menu khas Jogja bernama Gudeg. Makanan ikonik Kota Jogja ini mulai banyak diburu wisatawan. Bahkan sudah mulai diciptakan gudeg kaleng agar makanan manis gurih ini dapat dijadikan oleh-oleh hingga keluar kota. Namun, menikmati gudeg langsung di Jogja dengan suasana yang syahdu adalah momen yang tak bisa dilupakan. Selain itu, tidak semua gudeg di Jogja memiliki rasa yang terlalu manis lho. Jadi, jika Anda berkesempatan mampir di Jogja, pastikan untuk mencicipi gudeg dari berbagai macam tempat makan berikut.

1. Gudeg Pawon

Sumber : https://visitingjogja.com/wp-content/uploads/2017/12/gudeg-pawon.jpg

Apakah menikmati gudeg langsung dari dapurnya masuk dalam daftar tempat makan tujuan Anda? Jika belum, maka Anda harus mencoba menu ini di Gudeg Pawon. Kata pawon berasal dari bahasa jawa yang berarti dapur. Sehingga Anda akan dipersilahkan masuk ke dapur milik Bu Prapto Widarso (pemiliknya) untuk mengambil langsung gudeg dan lauk lainnya dari panci. Selain merasakan sensasi makanan rumah, Anda juga akan melihat proses mengolah gudeg yang dimasak di tungku pembakaran tradisional, bukan dengan kompor. Anda dapat menikmati gudeg unik dimulai dari pukul 22.00 malam dan biasanya akan habis 2 hingga 3 jam setelah buka di Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp11.000 saja Anda bisa mendapat 1 porsi.

 2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Sumber : https://ayotraveling.com/wp-content/uploads/2020/02/gudeg-jogja-gudeg-mercon-bu-tinah-.jpg

Jika Anda penggemar makanan pedas, maka Gudeg Mercon Bu Tinah adalah solusi tepat untuk mencoba sensasi gudeg yang berbeda. Gudeg yang satu ini memiliki tekstur basah dengan kuah areh dan banyaknya cabe setan yang nikmat.  Untuk mencicipi menu yang satu ini, Anda harus rela mengantri bahkan sebelum warung buka ada pukul 21.00. Kunjungi langsung di alamat Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Dengan harga mulai dari Rp16.000 per porsi, Anda sudah bisa menikmati sajian gudeg dengan rasa pedas manis yang terkenal ini.

 3. Gudeg Yu Djum Wijilan

Sumber : https://gudegyudjumpusat.com/wp-content/uploads/2015/12/gudeg-yu-djum-pusat-slide-1.jpg

Benar sekali, Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat makan gudeg paling tenar di Jogja dan sekitarnya. Terlihat dari banyaknya cabang yang didirikan, penikmat gudeg ini sangatlah banyak. Citarasa gudeg milik Ibu Djuwariyah dikatakan sebagai gudeg paling otentik yang ada di Jogja. Gudeg dengan tekstur kering ini berasal dari nangka muda dari wilayah Prembun, Kebumen. Jika ingin membeli sebagai oleh-oleh, Anda dapat memilih gudeg dalam kemasan besek atau kemasan kendil. Keduanya sama-sama bertahan hingga berhari-hari. Nikmati satu porsi gudeg Yu Djum mulai dari harga Rp11.000 hingga Rp45.000 di berbagai cabang di Jogja. Tempat paling terkenal tentu saja di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

 4. Gudeg Bu Tjitro 1925

Sumber : https://www.kotajogja.com/wp-content/uploads/2016/04/Gudeg-Bu-Tjitro-1.jpg

Mencari gudeg untuk oleh-oleh? Gudeg Bu Tjitro 1925 adalah pilihan yang tepat. Dengan inovasinya mengeluarkan gudeg kaleng pertama kali di Jogja, Gudeg bu Tjitro semakin dikenal kenikmatannya di berbagai kota di Indonesia. Meskipun masuk dalam kaleng, gudeg ini tetap memiliki rasa yang sama dengan gudeg segar ketika dimakan di tempat. Selain menjadi oleh-oleh, gudeg Bu Tjitro juga merupakan salah satu pionir gudeg yang terkenal di Jogja. Langsung saja kunjungi tempatnya di Jl. Janti No.330, Depan JEC, Banguntapan, Bantul, DIY. Harganya relatif sama dengan gudeg lain, namun untuk gudeg kalengnya mulai dari Rp26.000.

 5. Gudeg Permata

Sumber : https://diskon.com/images/1386302472__IMG_2098.JPG

Apabila Anda menjauhi gudeg karena terlalu manis, maka Anda harus mencoba Gudeg Permata. Berbeda dari kebanyakan gudeg di Jogja, gudeg yang berada di dekat Bioskop Permata pada zaman dulu ini memiliki citarasa yang lebih dominan gurih daripada manis. Dipadu dengan lembutnya ayam kampung dan sambal krecek, dijamin gudeg yang satu ini akan memuaskan perut Anda di malam hari. Dibuka mulai pukul 20.30, Anda dapat mengunjunginya langsung di Jl. Gajah Mada, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Anda dapat menikmati sajian ini mulai dari harga Rp12.000 saja.

Itu tadi adalah 5 tempat makan gudeg di Jogja yang paling populer dan dikunjungi banyak wisatawan. Jika Anda ingin menjelajah lebih banyak lagi tempat makan gudeg, datanglah ke kompleks gudeg Wijilan di dekat Alun Alun Kidul. Sebelum ke Jogja, cari tau info lebih banyak dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar