Perbedaan Hoodie dan Sweater Agar Tak Salah Pilih

Pada dasarnya hoodie dan sweater adalah outerwear yang bisa membuat kita terlihat lebih elegan dan menghangatkan tubuh kita. Bahkan mungkin dari Anda semua sering memakai outerwear ini sebagai OOTD (Outfit of The Day) harian mereka. Tapi kebanyakan orang masih belum tahu bedanya hoodie dan sweater.

Daripada salah untuk membedakan keduanya, pertama mari kita ketahui terlebih dahulu bedanya hoodie dan sweater serta cara merawatnya agar Anda bisa tampil elegan sekaligus pakaiannya awet untuk Anda gunakan.

Perbedaan Hoodie dan Sweater

Apa itu Hoodie?

popbela.com

Hoodie adalah jenis kaos atau pakaian yang tebal. Namun, yang membedakan hoodie dengan kaos lainnya adalah bagian "hood" atau tudung kepala. Jadi baju hangat tanpa hoodie atau tudung kepala adalah sweater. Selain itu, hoodie ini juga dilengkapi saku di bagian depan, sebagian tanpa atau dengan resleting.

Hoodie biasanya tidak digunakan hanya untuk menghangatkan tubuh dan berolahraga saja, tapi juga bisa dipakai untuk sehari-hari dan menjadi OOTD (Outfit of The Day). Ada dua jenis hoodie berdasarkan cara pemakaiannya, yaitu sweatshirt dengan resleting di bagian depan dan sweatshirt tanpa resleting.

Untuk penggunaan bahan Hoodie ini, bahan yang digunakan biasanya katun, French terry, campuran katun dan polyester. Modelnya juga bermacam-macam, ada yang lengan pendek, atasan pendek, sedangkan potongannya lurus dan tidak membentuk badan. Pastinya sudah mulai tahu kan bedanya hoodie dan sweater?

Apa itu Sweater?

my-best.id

Sweater bisa diartikan sebagai pakaian berlengan panjang yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Dulu, sweater biasanya berbahan wol yang memiliki tekstur lembut dan terasa hangat. Kini bahan sweater lebih banyak variasinya karena ada yang terbuat dari baby terry dan fleece. 

Berdasarkan cara pemakaiannya, sweater dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sweater dengan kancing di bagian depan (disebut cardigan) dan sweater tanpa kancing (disebut sweater pullover). Perbedaan utama antara hoodie dan sweater adalah pada tudung kepala. Hoodie pasti ada tudung kepala, sedangkan sweater tidak memiliki tudung kepala.

Cara Merawat Hoodie dan Sweater

  • Mencuci dengan tangan

Hoodie dan Sweater akan awet dan warnanya tidak akan pudar saat Anda mencucinya dengan tangan. Khusus untuk sweater dengan kain wol, gunakan air dingin dalam proses pencuciannya karena suhu air yang terlalu tinggi dapat merusak serat wol.

  • Menghilangkan noda yang menempel

Jangan biarkan noda menempel di hoodie dan sweater terlalu lama. Sebaiknya segera cuci dengan deterjen cair agar noda cepat hilang dan tidak meninggalkan noda membandel pada hoodie atau sweater.

  • Menjemur di tempat yang teduh

Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna hoodie dan sweater memudar. Lebih buruknya lagi, serat sweater kain wol juga rentan terhadap kerusakan akibat panas matahari. Karena itu, Hoodie dan sweater harus dikeringkan di tempat teduh. 

Sweater dengan bahan dasar kain wol sebaiknya dikeringkan di tempat yang datar tanpa menggunakan gantungan agar tekstur kain tidak berubah akibat kandungan air yang menumpuk di bagian bawah sweater.

Hoodie biasanya banyak menggunakan bahan casual, sedangkan sweater menggunakan bahan yang lebih cocok menghangatkan tubuh. Hoodie juga digunakan untuk pakaian sehari-hari, sedangkan sweater adalah pakaian untuk momen spesial sesuai fungsinya. 

Hoodie sendiri tidak mengikuti postur tubuh, sedangkan sweater biasanya membentuk tubuh karena bahan yang digunakan serta jenis jahitannya. Mungkin sampai disini saja ulasan tentang bedanya hoodie dan sweater, semoga hal ini dapat membantu dan sampai jumpa.

Komentar

Lebih baru Lebih lama