5 Fakta Mengejutkan Tentang Sampah Plastik!

Jumat, September 24, 2021 | , , | Berkomentar
5 Fakta Mengejutkan Tentang Sampah Plastik!

Siapa yang tidak pernah menggunakan plastik sama sekali? Tentu hampir semua orang pernah menggunakan dan membuang sampah plastik dalam hidupnya. Namun sudahkah Anda tahu bahwa ada banyak hal yang bisa mengejutkan Anda dari benda ini?

Fakta Mengejutkan dari Plastik dan Cara Mengurangi Sampah Plastik 

Plastik dapat ditemukan dengan mudah dalam berbagai peralatan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja rupanya benda ini menimbulkan permasalahan berupa pencemaran lingkungan jika dibiarkan begitu saja. Dibutuhkan cara mengurangi sampah plastik agar bumi tetap terjaga. Sebelumnya, yuk kita cari tahu apa saja fakta di balik plastik ini. 
  • Plastik rupanya produk dari minyak bumi dan gas alam yang ditambang dari dalam perut bumi. Sebagian sumber daya alam tidak bisa diperbarui ini terus digunakan untuk membuat plastik. Sehingga berdampak ke hafar minyak dan gas alam yang kian mahal. 
  • Dalam satu negara saja dibutuhkan lebih dari 12 juta barel minyak untuk memproduksi plastik setiap tahunnya. Bayangkan jumlah minyak yang dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan plastik di seluruh dunia. 
  • Plastik tidak bisa diurai dengan mudah di alam. Butuh waktu dari belasan tahun hingga ribuan tahun agar bisa terurai. Semua tergantung pada jenis plastik dan lingkungan tempatnya dibuang. 
  • Dalam 10 tahun terakhir ini, hanya  2% plastik yang berhasil didaur ulang. Sisanya masih berserakan di tempat pembuangan sampah, ada juga yang dibuang di laut bebas. 
  • Setiap tahun lebih dari satu juta burung yang mati karena tidak sengaja menelan plastik ketika berburu ikan di laut. Belum lagi ratusan ekor kura-kura dan hewan laut lain yang sekarat akibat limbah plastik di lautan. 
Kelima fakta mengejutkan ini tentu membuat risau para masyarakat yang peduli dengan keadaan bumi. Sampah terus bertambah setiap hari, tetapi masih belum ditemukan cara tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Kita bisa memulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari agar sampah tidak lagi bertambah. Dimulai dari membiasakan diri memakai tas reusable untuk membawa belanjaan. Mengurangi memakai sedotan plastik dan menggunakan sedotan dari stainless steel yang bisa dipakai berulang kali.
 
Anda dapat menggunakan cara mengurangi sampah plastik itu dimulai dari diri sendiri dan orang terdekat. Hingga sampah dari plastik ini dapat terus berkurang dan tidak lagi mencemari lingkungan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar