Ibadah Semakin Lancar dengan 8 Pilihan Sarung Tenun Premium

Sabtu, April 25, 2020 | , | Berkomentar
Sarung Tenun Premium

Di Indonesia, kain sarung banyak digunakan sebagai alat ibadah laki-laki muslim. Tak hanya di Indonesia saja, kain jenis yang sama bisa ditemukan di berbagai belahan negara. Misalnya negara Mesir menggunakan kain yang sama untuk tidur sehingga tidak pantas digunakan untuk ibadah. Setiap negara memiliki adat istiadat tersendiri, bukan? Buat Anda yang ingin membeli perlengkapan ibadah terbaru atau hadiah untuk orangtua tercinta, wajib tahu jenis-jenis kain tenun yang digunakan.

Kain tenun premium bisa membuat ibadah harian Anda semakin lancar, bukan? Yuk, simak rekomendasi kain tenun pilihan di Indonesia berikut!

1. Sarung tenun khas Betawi

Kain tenun motif kotak-kotak identik dipakai ibadah atau setiap kegiatan keagamaan di Indonesia. Sebenarnya motif kain yang sama dengan warna lembut menjadi identik orang Betawi yang biasa diikatkan melingkar di leher.

2. Sarung tenun khas Bali

Orang-orang Bali memiliki pakaian khusus untuk melakukan ibadah keagamaan yang telah diadopsi menjadi sarung ibadah umat muslim. Tinggal pilih warna kain tenun sesuai selera yaitu rwabhineda (hitam putih), sudhamala (putih abu hitam) dan tridatu (putih hitam merah).

3. Sarung sutera Bugis

Jenis kain tenun yang biasa digunakan untuk perlengkapan ibadah umat Islam berasal dari Bugis. Material bisa diproduksi secara tradisional atau pabrikan dengan corak yang berkualitas unggul. Ada empat daerah yang memproduksi kain tenun terbaik di Sulawesi yaitu Majene, Polewali, Wajo, dan Soppeng.

4. Sarung tenun khas Samarinda

Kalau material kain khas Samarinda pasti sudah tidak asing di telinga orang Indonesia, bukan? Bahan yang digunakan merupakan jenis benang sutera dari China yang ditenun dengan gedokan. Gedokan merupakan sebuah alat tenun tradisional yang membuat hasil kain lebih bagus dan unggul dalam kurun waktu tiga minggu. Suku Bugis yang tersebar di kelurahan Baqa dan Masjid banyak memproduksi kain ini.

5. Sarung khas Batak

Orang Batak sering menggunakan kain ulos untuk selendang atau kegiatan acara keagamaan lain. Perlengkapan ibadah dengan warna dominan ulos bisa menjadi pilihan premium untuk Anda seperti merah, hitam dan putih.

6. Sarung khas Gresik

Motif kembang, garis-garis, gunungan dan corak biru laut eksotis bisa menjadi pilihan premium. Tinggal pilih jenis kain yang hendak digunakan mulai dari fiber, sutra dan sisir 70. Kualitas benang yang berkualitas akan membuat ibadah semakin nyaman dan lancar.

7. Sarung tenun Goyor

Ingin mencari jenis kain yang memiliki kualitas ekspor terbaik? Anda mungkin bisa memilih sarung tenun Goyor. Daerah yang terkenal memiliki kualitas tenun Goyor terbaik antara lain Jepara, Pemalang, Solo, Sragen, Magelang, dan lain-lain.

8. Sarung khas Donggala

Di Sulawesi tepatnya kota Donggala, Anda bisa menemukan material kain tenun asli Indonesia yang sangat berkualitas. Ya, kain khas Donggala memiliki corak yang sangat beragam seperti palekat garusu, buya sabe, bomba sabe, dan buya bomba. Khusus buya bomba memiliki kualitas premium tertinggi dengan masa pengerjaan cukup lama sekitar dua bulan.

Berbagai jenis kain tenun eksklusif yang banyak digunakan sebagai material kain sarung berkualitas bisa Anda pilih. Menggunakan perlengkapan ibadah yang nyaman dan tidak membuat gerah bisa menjamin ibadah harian lebih lancar. Dipakai ke masjid untuk shalat berjamaah, tarawih, shalat ied  atau kegiatan keagamaan lain, kenapa tidak? Bahan yang unggul juga bisa menjadi pilihan kado atau hadiah lebaran untuk orang-orang tercinta. Dijamin ayah atau calon mertua Anda bakal semakin bahagia mendapatkan hadiah terbaik, lho!
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar